Sabtu, 08 Januari 2011

Motorola Xoom: Komputer Tablet dengan Sistem Operasi Android Honeycomb dari Google.

Persaingan diranah komputer tablet akan semakin ramai dengan hadirnya komputer tablet pertama dari Google. Ya, Google telah mengumumkan peluncuran komputer tablet pertama mereka yang diperkirakan akan mejadi pesaing berat bagi iPad: komputer tablet dari Apple. Bekerja sama dengan Motorola komputer tablet ini diberi nama Motorola Xoom.

Laporan dari Telegraph menyebutkan, ini adalah perangkat pertama yang menggunakan sistem operasi versi terbaru dari Android yaitu Honeycomb yang dirancang khusus untuk komputer tablet layar sentuh. Motorola Xoom dipamerkan pada acara International Consumer Electronics Show 2011 di Las Vegas.

Komputer tablet Motorola Xoom ini mirip dengan Apple iPad, dengan layar yang sangat sensitif terhadap sentuhan dan mempunyai ukuran 10”. Telegraph menyebutkan Motoral Xoom akan mulai dijual tahun depan di Amerika dan tidak lama kemudian berlanjut ke Inggris. Sementara, harganya masih belum diungkapkan.

Detail lengkap Android Honeycomb memang belum diungkapkan pada pembukaan di Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, tapi Android Honeycomb diketahui akan dilengkapi dengan program aplikasi peta baru dalam format 3D untuk kota-kota besar. Sistem operasi ini juga memanfaatkan layar lebar dari komputer tablet untuk layanan email.

Sebelumnya Google juga bekerja sama dengan Samsung untuk membuat komputer tablet yang lebih kecil dengan ukuran layar 7”, tapi masih menggunakan Sistem Operasi Android yang sama dengan yang digunakan untuk perangkat ponsel.

Shawn DuBravak, kepala ekonom di American Consumer Electronics Association (CEA), memperkirakan lebih dari 100 komputer tablet baru yang akan diluncurkan di CES.

Masih menurut Shawn DuBravak, tahun 2011 ini akan menjadi Tahun Tablet, tapi tidak semua produk yang diluncurkan pada pameran ini akan benar-benar dilempar ke pasar. Menurutnya sejumlah produk baru sedang berjuang untuk memberikan alasan yang spesifik pada pengguna bisnis untuk membelinya.

Penelitian dari CEA menunjukkan bahwa 38 persen dari tablet yang dibeli karena pengguna memang ingin memilikinya sendiri, bukan karena alasan lain yang teridentifikasi.

Meskipun Apple membuat semua perangkat lunak dan perangkat kerasnya sendiri, tapi Google telah memilih pendekatan "open source" dalam mengembangkan sebuah sistem operasi yang memungkinkan produsen perangkat keras untuk digunakan pada perangkat mereka sendiri - seperti Motorola Xoom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recommended Books

Recommended Computer Products and Accessories