Senin, 03 Januari 2011

Hanya perlu Dua Langkah untuk membuat Blog di Blogger

Sebelum dapat membuat blog di blogger, terlebih dahulu anda harus sudah punya akun di google. Kalau belum, anda harus membuatnya sekarang. Baca artikel Langkah demi langkah membuat akun email gratis di Gmail. Kalau anda sudah punya akun di google, maka pertama anda harus login terlebih dulu ke blogger. Ikuti langkah-langkah berikut untuk login ke blogger.
  1. Buka website blogger www.blogger.com.
  2. Masukkan email dan kata sandi/password, kemudian klik Masuk.
Sekarang anda ada di halaman Dasbor (Dashboard) blogger anda. Kalau saat ini Dasbor anda dalam bahasa inggris, anda dapat menggantinya ke bahasa indonesia pada bagian kanan atas halaman Dasbor anda. Dasbor (Dashboard) adalah tempat anda mengelola blog-blog yang telah anda buat (kita bisa membuat banyak blog dengan satu akun). Pada halaman Dasbor kita bisa Membuat Entri (Entri Baru), mengubah entri yang sudah ada (Edit Entri), melakukan administrasi pada Komentar, melakukan Pengaturan, menyesuaikan Rancangan, dan melihat Statistik pengunjung pada suatu blog. Dari halaman Dasbor pula kita akan membuat blog. Sekarang klik Buat Blog pada halaman Dasbor.
  1. Maka anda akan dibawa ke halaman untuk menentukan Judul dan alamat blog anda.
    • Judul Blog: Masukkan judul blog anda
    • Alamat Blog (URL): Masukkan alamat blog yang anda inginkan. Misalnya anda memasukkan abc, maka alamat blog anda akan menjadi http://abc.blogspot.com atau www.abc.blogspot.com.
    • Klik Cek Ketersediaan untuk memeriksa apakah alamat blog yang anda inginkan masih tersedia atau sudah digunakan oleh orang lain. Kalau alamat blog yang anda masukkan tidak tersedia, maka anda harus rela mengganti alamat blog anda dengan alamat yang lain. Kalau alamat blog yang anda inginkan masih tersedia, lanjutkan ke langkah berikutnya.
    • Verifikasi Kata: Ketik karakter yang Anda lihat dalam gambar yang muncul di sana. Huruf besar dan huruf kecil dianggap sama.
    • Klik Lanjutkan. Kalau pada langkah sebelumnya (verifikasi kata) anda salah memasukkan karakter, maka akan muncul pesan dengan warna merah seperti ini: Karakter yang Anda masukkan tidak cocok dengan verifikasi kata. Coba lagi. Jika demikian, anda harus mengulangi lagi memasukkan karakter sesui dengan karakter pada gambar yang muncul. Kalau tidak ada masalah, maka anda akan dibawa pada halaman berikutnya.
  2. Pilih Template Awal. Sampai saat ini blogger menyediakan 8 pilihan template yang dapat kita pilih salah satunya.
    • Pilih saja salah satu template yang anda suka, atau pilih saja dengan asal dulu, toh nanti kita bisa bergonta-ganti template, bahkan kita bisa menggunakan template gratisan dari pihak ketiga yang banyak sekali bertebaran di internet.
    • Klik Lanjutkan. Maka anda akan dibawa pada halaman yang menyatakan bahwa Blog Anda Sudah Jadi!
Perhatikan, hanya dua langkah yang benar-benar diperlukan untuk membuat blog di blogger. Selanjutnya adalah kreasi dan kreatifitas masing-masing bloger, apakah anda mau langsung posting artikel, gambar, tutorial, tip, trik tentang suatu topik tertentu? Atau mungkin anda ingin berkreasi dulu dengan mencoba-coba template mana yang sesuai dengan selera anda atau cocok dengan tema blog anda. Atau malah mungkin anda ingin membuat blog yang lain, agar alamat blog yang anda inginkan tidak keburu dipakai orang lain? Tapi yang jelas, sampai disini blog anda sudah jadi, selanjutnya terserah anda. Happy bloging.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recommended Books

Recommended Computer Products and Accessories