Senin, 03 Januari 2011

Langkah demi langkah membuat akun email gratis di Gmail.

Di internet sudah banyak sekali tutorial atau artikel yang membahas cara membuat akun email gratis yang disediakan oleh penyedia layanan email gratis seperti yahoo, live, gmail, dan lain-lain. Tapi di blog ini dirasa perlu untuk membuat tutorial serupa, agar anda tidak perlu berpindah ke website lain hanya untuk membuat email. Di samping itu, membuat akun di Gmail adalah suatu keharusan jika nantinya anda bermaksud menggunakan layanan-layanan google lainnya. Sebut saja layanan google yang paling mungkin akan anda gunakan adalah blogger: tempat di mana anda bisa membuat blog secara gratis.

Tentu masih banyak sekali layanan google yang dapat anda manfaatkan setelah mempunyai akun di google untuk tujuan tertentu, misalnya: google webmaster tools: untuk mengoptimalkan website anda, google analytics: untuk menganalisa statistik dan karekteristik pengunjung website anda, google adsense: jika anda ingin mendapatkan penghasilan dari website anda dengan memasang iklan dari rekanan google, google keyword tools: untuk survey dan menganalisa suatu kata kunci yang anda bidik untuk tujuan internet marketing anda, dan lain-lain.

Membuat email di gmail membutuhkan waktu tidak lebih dari lima menit, tentu saja dengan koneksi internet yang normal (tidak putus-putus). Ok mari kita mulai:
  1. Masuk ke situs Gmail, www.gmail.com.
  2. Klik Create an Account (kalau bahasa inggris) atau Buat Akun (kalau bahasa indonesia)
  3. Sekarang anda berada di halaman Create an Account (kalau bahasa inggris) atau Buat Akun (kalau bahasa indonesia). Jika anda ingin mengganti bahasa saat ini ke bahasa yang anda inginkan, di pojok kanan atas adalah pilihan Change Language/Ganti Bahasa. Isi form yang disediakan sebagai berikut:
  • Nama Depan: Masukkan nama depan anda
  • Nama Belakang: Masukkan nama belakang anda
  • Nama Login Yang Diinginkan: Masukkan Nama login yang anda inginkan. Nama yang anda masukkan di sini akan menjadi alamat email anda. Misalnya anda memasukkan abc, maka alamat email anda akan menjadi abc@gmail.com. Jika alamat email yang anda inginkan terdiri dari lebih dari satu kata, maka anda boleh menggabungkan kedua kata tersebut dengan karater titik (dot)(.). Misalnya penggabungan yang dibolehkan dari abc dan xyz adalah: abcxyz atau abc.xyz. sehingga alamat email anda akan menjadi: abcxyz@gmail.com atau abc.xyz@gmail.com.
  • Setelah anda memilih Nama Login Yang Anda Inginkan, sekarang klik pada Cek Ketersediaan untuk memastikan bahwa email yang anda pilih belum digunakan oleh orang lain.
  • Buat Sandi: Masukkan kata sandi/password yang anda inginkan. Kata sandi/password minimal harus 8 karakter. Buatlah kata sandi/password yang mudah diingat tetapi sulit ditebak orang lain.
  • Masukkan kembali sandi: Masukkan kembali kata sandi/password yang anda masukkan sebelumnya. Ini untuk memastikan bahwa anda tidak salah ketik.
  • Pertanyaan Rahasia: Pilih pertanyaan rahasia yang anda inginkan. Atau anda bisa membuat sendiri pertanyaan rahasia yang anda inginkan.
  • Jawaban: Setelah anda memilih atau membuat sendiri pertanyaan rahasia anda, kini anda masukkan jawabannya. Pastikan bahwa hanya anda yang tau jawaban dari pertanyaan rahasia yang anda buat sendiri. Pertanyaan dan jawaban rahasia ini disediakan untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu anda lupa kata sandi/password anda, yang membuat anda tidak bisa masuk ke akun Gmail anda.
  • Email Pemulihan: Alamat email ini digunakan untuk mengautentikasi akun Anda jika Anda mengalami masalah atau lupa kata sandi/password Anda. Jika Anda tidak memiliki alamat email lain, Anda boleh mengosongkan isian ini.
  • Lokasi: Pilih lokasi jika belum menunjuk ke Indonesia.
  • Verifikasi Kata: Ketik karakter yang Anda lihat pada gambar yang muncul di sana. Huruf kecil dan huruf besar dianggap sama.
  • Jika semua isian sudah lengkap dan tidak ada masalah, sekarang klik tombol paling bawah Saya Menerima. Buat Akun Saya.
Selesai. Anda sudah berhasil membuat Akun di Gmail dan sekarang anda sudah punya alamat email. Simpan alamat email anda, jangan sampai lupa. Pastikan juga anda tidak lupa kata sandi/password yang anda buat sebelumnya.

Apa selanjutnya? Sekarang anda sudah punya alamat email, terlebih google menyediakan space lebih dari 7,5GB untuk email anda, yang tidak akan habis selama bertahun-tahun jika tidak anda maanfaatkan dengan maksimal. Sebenarnya banyak sekali yang manfaatnya kalau kita sudah punya alamat email. Paling tidak mendaftar pada suatu komunitas atau forum umumnya membutuhkan alamat email sebagai syarat utama untuk bisa bergabung. Contoh yang paling umum pada saat ini adalah mendaftar di jejaring sosial facebook. Anda membutuhkan email untuk bisa bergabung di sana.

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recommended Books

Recommended Computer Products and Accessories