Minggu, 23 Januari 2011

Nero BurnLite 10: Software Gratis untuk Membakar CD dan DVD

Siapa yang tidak kenal Nero? Software yang sudah sangat umum digunakan untuk membakar dan membuat salinan keping CD dan DVD. Bahkan perusahaan-perusahaan CD Room drive (Samsung, LG, dan lain-lain), biasanya menyertakan Nero pada paket produk mereka. Kini Nero merilis versi gratis yang dapat kita gunakan untuk urusan bakar-membakar keping CD dan DVD tanpa khawatir akan tanggal kadaluarsa (expired date). Versi gratis dari software ini diberi nama Nero BurnLite, yang dirilis pada 02 Desember 2010 yang sudah pada versi 10.

Meskipun fitur-fitur Nero BurnLite tidak selengkap seperti yang terdapat pada Nero Burning ROM atau Nero Multimedia Suite, tapi cukup memenuhi untuk mengerjakan tugas-tugas bakar-membakar CD dan DVD. Fitur-fitur yang tidak sekompleks versi komersilnya justru memberi keuntungan pada tampilan yang jauh lebih sederhana, sehingga pengguna pemula sekalipun akan dapat dengan cepat menyesuaikan diri untuk menggunakannya.

Jika kita kehabisan atau belum siap dengan keping CD atau DVD kosong, terlebih dulu kita bisa membuat disk image dari file-file (mp3, video, dan lain-lain) dan menyimpannya pada hard disk di komputer kita sebagai file, dan sewaktu-waktu kita tinggal membakarnya ke CD atau DVD yang kita inginkan.

Nero BurnLite 10 juga kompatibel dengan Windows 7. Berikut ini adalah kebutuhan sistem minimal dari Nero BurnLite 10.
  • Windows® XP SP3 (32-bit), Windows Vista® SP1 (32 and 64-bit), Windows® 7 Home Premium, Professional, Enterprise or Ultimate (32 and 64-bit)
  • 2 GHz AMD or Intel® processor
  • 512 MB RAM (1 GB RAM for Windows Vista® or Windows® 7)
  • 300 MB hard drive space for a typical installation of all components (including temporary disk space)
  • CD or DVD recordable or rewritable drive for burning
  • Third party components such as Microsoft Windows® Installer 4.5 and Microsoft Silverlight™ are shipped with the product or automatically downloaded if not included in the package
  • An Internet connection is required (DSL-1000 and higher recommended). Internet connection charges are the user's responsibility

Note:
On 64-bit operating systems, applications run in 32-bit emulation mode
The devices must be correctly installed and recognized by the operating system for the product to work properly Installation of the latest WHQL certified device drivers is strongly recommended

Supported media for burning
CD-R
CD-RW
DVD±R
DVD±RW
DVD-RAM
DVD±R DL

Supported disc formats
Data CD (ISO, UDF, ISO/UDF)
Data DVD (ISO, UDF, ISO/UDF)

2 komentar:

  1. Nero BurnLite hanya bisa digunakan untuk membakar CD atau DVD dalam format Data.

    Artinya kita hanya bisa menyalin file-file dari kemputer kita ke media CD atau DVD sebagaimana file aslinya (tidak bisa mengkonversi, misalnya dari MP3 menjadi format CD Audio).

    Maklum software gratis.

    BalasHapus
  2. Yg terdownload ternyata trialnya

    BalasHapus

Recommended Books

Recommended Computer Products and Accessories