Senin, 24 Januari 2011

Blender: Jangan membuat Jus dengan Blender.

Apa yang terlitas di benak Anda saat mendengar kata Blender? Hampir bisa dipastikan jawabanya adalah yang berhubungan dengan Jus, bisa buah, ES, atau malah terlintas di pikiran Anda untuk membuka lapak jus di musim kemarau nanti? Tapi yang kita bicarakan kali ini bukan Blender untuk membuat Jus, atau alat yang biasa digunakan untuk mengaduk atau mencampur makanan atau minuman. Tapi kalau mau pesan Jus di depan rumah, silahkan. Tapi setelah itu, kita perlu mengubah persepsi kita tentang Blender (Blender yang dimaksud pada tulisan ini tentu saja). Blender yang kita bicarakan masih tetap konsisten dengan judul Blog ini, yaitu Software Komputer Gratis.

Blender adalah sebuah software gratis terpadu yang memungkinkan untuk menciptakan berbagai konten 2D dan 3D. Blender memberikan spektrum yang luas dari pemodelan, texturing, pencahayaan, animasi dan fungsionalitas pasca pengolahan video dalam satu paket. Blender pertama kali dikembangkan pada bulan Desember 1993, dan tidak lebih dari 1 tahun kemudian tapatnya pada bulan Agustus 1994 Blender sebagai produk yang siap digunakan dirilis. Melalui arsitektur terbuka, Blender menyediakan interoperabilitas cross-platform, dengan fitur-fitur yang dapat diperluas, dan alur kerja yang terintegrasi. Saat ini Blender adalah salah satu software gratis dan Open Source yang paling populer di dunia sebagai aplikasi pengolahan grafis 3D.

Software gratis dan open source ini ditujukan bagi seniman, rumah produksi, dan media profesional di seluruh dunia. Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, serta video berkualitas media penyiaran dan bioskop, sedangkan penggabungan mesin 3D real-time memungkinkan untuk penciptaan konten 3D interaktif untuk pemutaran mandiri.

Blender pada awalnya dikembangkan oleh sebuah perusahaan, selanjutnya Blender terus dikembangkan sebagai Software Gratis dan Open Source, dengan kode sumber yang tersedia di bawah lisensi GNU GPL. Pengembangan Blender sekarang dilakukan di bawah kepemimpinan dari Yayasan Blender di Belanda.

Fitur utama Blender:

  • Sepenuhnya merupakan paket terintegrasi, menawarkan berbagai alat yang penting untuk membuat konten 3D, termasuk model, pemetaan-UV, texturing, rigging, skinning, animasi, partikel dan simulasi lainnya, scripting, rendering, composite, pasca produksi, dan pembuatan permainan.
  • Cross platform, dengan GUI OpenGL seragam pada semua platform, siap untuk digunakan untuk semua versi Windows (98, NT, 2000, XP, Vista, 7), GNU / Linux, OS X, FreeBSD, Irix, SunOS, dan banyak sistem operasi lainnya.
  • Arsitektur 3D berkualitas tinggi memungkinkan pembuatan alur kerja yang cepat dan efisien.
  • Lebih dari 1.000.000 download (pengguna) dari setiap rilis di seluruh dunia.
  • Dukungan komunitas pengguna melalui forum untuk pertanyaan, jawaban, dan kritik pada layanan http://BlenderArtists.org dan berita di http://BlenderNation.com.
  • Ukuran executable kecil, sehingga dapat didistribusikan dengan mudah.

Berikut ini adalah kebutuhan sistem yang diperlukan untuk dapat menjalankan Blender.

Sistem Operasi

Windows 2000, XP or Vista
Mac OS X 10.2 and later
Linux 2.2.5 i386
Linux 2.3.2 PPC
FreeBSD 6.2 i386
Irix 6.5 mips3
Solaris 2.8 sparc

Spesifikasi Minimal untuk Hardware

300 MHz CPU
128 MB Ram
20 MB free hard disk Space
1024 x 768 px Display with 16 bit color
3 Button Mouse
Open GL Graphics Card with 16 MB Ram

Spesifikasi Hardware yang disarankan

2 Ghz dual CPU
2 GB Ram
1920 x 1200 px Display with 24 bit color
3 Button Mouse
Open GL Graphics Card with 128 or 256 MB Ram

Spesifikasi Hardware yang disarankan untuk Produksi

64 bits, Quad core CPU
8 GB Ram
two times 1920 x 1200 px Display with 24 bit color
3 Button Mouse + tablet
Open GL Graphics Card with 768 MB Ram, ATI FireGL or Nvidia Quadro

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Recommended Books

Recommended Computer Products and Accessories

Ada kesalahan di dalam gadget ini