Rabu, 26 Januari 2011

VLC Media Player: Software Gratis untuk memutar Audio dan Video

VLC Media Player (initial dari VideoLAN Client) adalah multimedia player yang sangat portabel untuk berbagai format audio dan video (MPEG, DivX / Xvid, Ogg, dan banyak lagi) serta DVD, VCD, dan berbagai protokol streaming.

Short History

Proyek VideoLAN dimulai sebagai sebuah proyek sekolah di tahun 1996 oleh mahasiswa Ecole Centrale Paris, sebuah sekolah teknik di Perancis. Siswa-siswa ini ingin bisa menonton televisi pada PC mereka. (Mereka juga ingin meng-upgrade jaringan VIA Centrale Réseaux sehingga mereka membutuhkan sebuah aplikasi bandwidth secara intensif untuk mendukung upgrade.)

Mereka mulai menulis kode VLS (VideoLAN Server) dan VLC (VideoLAN Client) untuk streaming dan membaca stream MPEG2. Mereka berhasil dalam melayani dan membaca stream pertama pada tahun 1998. Kedua software gratis ini direncanakan untuk dapat bersifat modular, yang berarti inti dari software pada dasarnya terdiri atas fungsi-fungsi komunikasi yang akan digunakan oleh modul-modul. Software yang bersifat modular seperti ini akan memungkinkan porting yang lebih mudah dari modul-modul Sistem Operasi yang spesifik.

Pada tahun 2001, setelah berbulan-bulan melakukan negosiasi, Direktur sekolah setuju untuk perubahan lisensi ke GPL. Segera setelah itu, pengembang dari seluruh dunia mulai bekerja pada proyek ini. Bahkan 6 bulan kemudian salah satu dari pengembang (gibalou) menyerahkan port Win32!

Pengujian multicast streaming dalam skala besar pertama dilakukan pada Mei 2002. Tidak kurang dari 500 siswa di jaringan Centrale VIA Réseaux dapat berpartisipasi dalam pengujian ini. Pada bulan Januari 2003, stream-stream MPEG4 diuji untuk pertama kalinya, dan dua bulan kemudian encoding MPEG4 realtime sudah tersedia.

Download dan gunakan Software Media Player Gratis ini

Software Media Player ini berlisensi GPL (General Public License), maksud sederhananya adalah bahwa software ini bersifat gratis dan open source. Ini berarti kita dapat menggunakan, menyebarkan, dan mengubah kode sumber software ini sesui dengan kebutuhan kita.

Jika selama ini Anda lebih familiar dengan Media Player Classic Home Cinema untuk keperluan memainkan Audio dan Video, tapi tidak ada salahnya kalau Anda mencoba VLC Media Player ini. Bisa jadi Anda akan pindah ke lain hati. Silahkan Donwload VLC Media Player Software Gratis untuk memutar Audio (MP3 dan lain-lain) dan Video.

3 komentar:

  1. Sampai pada saat ini, versi terakhir dari VLC Media Player adalah versi 1.1.6.

    Software Media Player Gratis ini dapat berjalan pada banyak Sistem Operasi pada umumnya (Window, GNU/Linux, Mac OS X, FreeBSD, BeOS, dan WinCE).

    BalasHapus
  2. Soal tampilan, Software Media Player Gratis ini juga mendukung Skin.

    Kita dapat berganti-ganti Skin sesuai dengan selera kita. Kita dapat mendownload skin tambahan dari internet.

    So..., mendengarkan musik akan menjadi semakin asyik dengan skin yang ciamik.

    Selamat mencoba.

    BalasHapus
  3. Sampai saat ini, software gratis ini, memdukuki peringkat teratas yang paling banyak di download di Softonic untuk kategori Multimedia Player, yang mencapai lebih dari 16,5 juta kali donwload, dan terus bertambah.

    Jauh diatas Window Media Player 11 yang hanya mencapai 2 jutaan kali download.

    BalasHapus

Recommended Books

Recommended Computer Products and Accessories