Minggu, 02 Januari 2011

PostgreSQL: Software Gratis untuk Manajemen Database

PostgreSQL atau sering disebut Postgres adalah salah satu software DataBase Management System (DBMS) yang paling banyak digunakan saat ini. Di kembangkan dan dikontrol oleh komunitas global. Developer memilih software ini karena mampu menangani data dengan ukuran yang besar dan kemampuannya dalam mengolah data yang rumit, selain tentu saja karena bersifat gratis dan open source dan didukung dengan support dan dokumentasi yang lengkap.

Seperti dikutip dari Wikipedia, PostgreSQL berevolusi dari proyek Ingres di University of California, Berkeley. Pada tahun 1982, pemimpin proyek, Michael Stonebraker, meninggalkan Berkeley untuk membuat versi berlisensi dari Ingres. Ia kembali ke Berkeley pada 1985 dan memulai sebuah proyek pasca-Ingres untuk mengatasi masalah pada sistem database kontemporer yang telah menjadi semakin jelas pada awal 1980-an. Proyek baru, Postgres, bertujuan untuk menambahkan fitur minimal yang dibutuhkan untuk mendukung semua tipe data. Fitur-fitur ini termasuk kemampuan untuk mendefinisikan tipe dan untuk sepenuhnya menggambarkan hubungan/relasi - sesuatu yang digunakan secara luas sebelumnya, tetapi dikelola sepenuhnya oleh pengguna. Di Postgres, database "dipahami" sebagai relasi, dan bisa mengambil informasi dalam tabel terkait dengan cara alami menggunakan aturan-aturan (rules). Postgres menggunakan banyak ide-ide dari Ingres, tetapi tidak menggunakan kodenya. 

Mulai tahun 1986, tim menerbitkan sejumlah makalah yang menjelaskan dasar sistem, dan tahun 1988 memiliki versi prototipe. Tim merilis versi 1 ke sejumlah kecil pengguna pada bulan Juni 1989, maka versi 2 dengan sistem aturan ditulis ulang pada Juni 1990. Versi 3, dirilis pada tahun 1991, sekali lagi menulis ulang sistem aturan, dan menambahkan dukungan untuk beberapa manajer penyimpanan dan perbaikan mesin query. Pada tahun 1993 sejumlah besar pengguna mulai membanjiri proyek dengan permintaan dukungan dan fitur. Setelah merilis versi 4 - terutama merapikan dan membersihkan - proyek berakhir. 

Tapi pengembang open-source dapat memperoleh salinan dan mengembangkan sistem lebih lanjut, karena Berkeley telah merilis Postgres di bawah lisensi MIT-style. Pada tahun 1994, mahasiswa pascasarjana Berkeley Andrew Yu dan Jolly Chen menggantikan bahasa yang berbasis Ingres QUEL query dengan bahasa query SQL, menciptakan Postgres95. Kode sumbernya dirilis di web. 

Pada bulan Juli 1996, Marc Fournier di Layanan Jaringan Hub.Org menyediakan pembangunan server non-universitas pertama untuk pengembangan usaha open-source. Sejalan dengan Bruce Momjian dan Vadim B. Mikheev, mulai bekerja menstabilkan kode yang diwarisi dari Berkeley. Versi open source pertama dirilis pada tanggal 1 Agustus 1996. 

Pada tahun 1996, proyek ini berganti nama menjadi PostgreSQL untuk mencerminkan dukungan untuk SQL. Rilis PostgreSQL versi 6.0 pertama kali dibentuk pada bulan Januari 1997. Sejak itu, perangkat lunak ini telah dipertahankan oleh sekelompok pengembang database dan sukarelawan di seluruh dunia, koordinasi dilakukan melalui Internet. 

Proyek PostgreSQL terus membuat mayor rilis (sekitar per tahun) dan minor "bugfix" rilis, semua tersedia di bawah lisensi yang sama. Kode berasal dari kontribusi dari vendor proprietary, dukungan perusahaan, dan programmer open-source pada umumnya.

Software gratis ini terus dikembangkan dan diupdate secara berkala. Informasi rilis dan update terbaru dapat dilihat di situs resmi PostgreSQL. Sampai Desember 2010, PostgreSQL sudah mencapai versi 9.0. dapat di donwload di Download Gratis Software PostgreSQL.

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recommended Books

Recommended Computer Products and Accessories